blog content header Band

Rumah dari Kertas Kardus

rumah kertas 1

Kertas kardus ternyata bisa menjadi sebuah gambaran kota di berbagai dunia. Itulah yang ditampilkan oleh Andy Rudak (38 tahun), seorang fotografer iklan dari Kota London, Inggris. Ia membuat model rumah kumuh perkotaan dari berbagai negara yang terbuat dari kertas kardus di studionya di Kota London. Seperti rumah kumuh di London, New York, Mumbai, Paris, dan Tokyo. Andy menamakan karya seninya itu dengan Cardboard Citiesatau Kota Kardus.

"Saya bekerja dalam sebuah industri kreatif dimana segala ide dan proses penyampaian sebuah cerita besar menjadi sebuah gambar yang sederhana. Inspirasi untuk rumah kardus ini benar-benar datang ketika saya sedang melamun. Saya tinggal di kawasan Brick Lane di London Timur dan di sana ada pengertian dari banyak orang yang tinggal di atas orang lainnya," cerita Andy.

Andy biasanya membuat iklan billboard untuk perusahan besar. Namun, kali ini ia mencoba membuat gambaran untuk sebuah iklan yang berbeda dalam bentuk rumah dari kardus. Ukuran rumah kardus sekitar 3,6 x 4,2 meter. Rumah kardus dibuat dengan cara memberi rangka dari papan, baru ditempelkan dengan kertas kardus sampai membentuk rumah yang diinginkan. Penggunaan papan bertujuan agar rumah kardus tidak menciut.

rumah kertas2

Setiap satu kota yang dibuat Andy memerlukan waktu sekitar 1 bulan. Ia mengeluarkan dana dari kantongnya sendiri sebesar 5.000 poundsterling atau Rp75.000.000 untuk membeli bahan dan membayar sejumlah tenaga pembantu. Kini, salah satu rumah kardus Andy sudah dibeli oleh sebuah perusahaan. Sedangkan rumah kardus lainnya dihancurkan dan didaur ulang. (ENO/caters news agency).