blog content header Band

Macam-Macam Polisi

Macam-Macam Polisi

Jakarta- Dalam rangka Hari Anak Nasional yang jatuh pada tanggal 23 Juli 2013, diadakan pameran dengan tema "Panorama Indonesia Tanah Airku" dari tanggal 23--27 Juli 2013 yang berada di Gedung SMESCO, Jakarta. Kali ini, Reinhard, Alvin, Monica, Albert, Jessica dari SMP Taman Harapan Indah, Jakarta, mencoba untuk mengenal polisi lebih dekat. Terutama, tugas-tugasnya, suka dukanya, dan lain-lain. Mau tahu lebih lanjut? Simak wawancara singkat berikut ini.

 

Teman-teman mari kita mengenal polisi lebih dekat bersama dengan Bpk. Asep Surahman R. dari Polres Jakarta Utara. Selain bertugas mengamankan negara, Bapak yang satu ini juga bertugas melatih polisi cilik.

 Apa itu polisi cilik? Polisi cilik adalah generasi muda yang cerdas, santun, displin, serta modern terkait lalu lintas. Polisi cilik juga harus memiliki karakter, baik dari sisi intelegensia maupun sisi etika dan moral yang dilandaskan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Polisi cilik ini rata-rata berusia 9--11 tahun dan memiliki peringkat 1--10 di sekolahnya. Untuk menjadi polisi cilik bukanlah suatu hal yang mudah. Mereka harus melewati berbagai seleksi, mulai dari seleksi sekolah dan juga harus memiliki kemampuan di bidang paskibraka dan pramuka.

 Dena, Kintan, Shafina, dan Della adalah anggota polisi cilik dari SDN Depok. Mereka rata-rata berusia 11 tahun dan mereka masuk di polisi cilik karena berhasil lolos dari semua seleksi. Wow, hebat ya, mereka! Kita harus bangga mempunyai anak-anak muda yang mempunyai semangat seperti mereka. Mereka sudah banyak mengikuti berbagai eventseperti ini. Mereka selalu didampingi oleh Polisi Lalu Lintas (Polantas) dan terkadang mereka didampingi oleh guru dan orangtua masing-masing.

 Apa sih tugas polisi cilik itu? "Siap! Tugas kami adalah memberi inspirasi dan memberi contoh bagaimana cara baris-berbaris yg benar" kata Shafina dengan tegas menjawab pertanyaan kami. Apa sihsuka duka menjadi polisi cilik itu? "Menyenangkan karena bisa mengenal teman-teman baru dan dukanya karena kami sering tertinggal pelajaran walau sedikit. Biarpun begitu, kami tidak pernah menyesal menjadi polisi cilik karena bisa mengharumkan nama Indonesia juga," jawab mereka dengan kompak dan tegas.

 

Polisi Wanita

 Selain polisi cilik, ada juga polisi yang sering kita dengar tapi belum terlalu kita kenal, yaitu polisi wanita. Wow hebat ya, wanita-wanita zaman sekarang! Ternyata tugas polisi wanita tidaklah mudah lhoteman-teman. Tugas mereka masih sama dengan polisi-polisi pria lainnya, termasuk mengamankan negara dan mengatur lalu lintas. Agak ekstrem juga ya, terutama karena mereka wanita. Kalian tahu, mereka menjadi polisi wanita karena cita-cita mereka sendiri lho.

"Cita-cita yang kesampaian," ujar Ibu Hanik Winarni dari Polda Metro Jaya.

"Menurut Ibu Hanik, bagaimana sih anak Indonesia zaman sekarang?" tanya kami.

"Sudah maju, semangat, dan disiplin," ujar Ibu Hanik.

"Apa pesan-pesan Ibu untuk anak Indonesia?"

"Tetap semangat untuk menjadikan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang lebih baik dari sebelumnya," tutur Ibu Hanik sambil tersenyum.

sumber : http://www.berani.co.id/news/9/1009990/Berita-Nusantara/Macam-Macam%20Polisi